Rabu, 30 Januari 2013

Konfigurasi linux fedora

Konfigurasi linux fedora

                                  KONFIGURASI LINUX FEDORA SETELAH INSTALASI

Ketika melakukan instalasi Fedora 16, kita hanya membuat satu user saja yaitu root. Konfigurasi Linux seperti ini tidak disarankan karena rentan dengan isu keamanan. Untuk itulah setelah instalasi Fedora 16 selesai, kita harus melakukan beberapa konfigurasi tambahan. Beberapa konfigurasi yang harus dilakukan pascainstalai Fedora 16 di antaranya 1) persetujuan lisensi, 2) pengaturan waktu, 3) pembuatan user, 4) hardware profile.
Konfigurasi Fedora 16 akan otomatis dijalankan setelah kita memilih Reboot di akhir instalasi. Lalu di menu GRUB 2 kita harus memilih untuk masuk ke sistem Fedora 16 yang baru selesai di-install.

Di awal konfigurasi kita akan disapa Welcome Screen Fedora 16. Klik Forward untuk melanjutkan.
Berikutnya kita harus menyetujui dan memahami lisensi yang digunakan Fedora 16. Klik Forward untuk melanjutkan.
Secara default Fedora 16 akan mengambil konfigurasi waktu dari BIOS, namun jika ternyata konfigurasi ini tidak cocok kita boleh menyesuaikannya. User juga diberi pilihan untuk melakukan sinkronisasi waktu dengan server NTP melalui jaringan. Klik Forward setelah selesai mengatur waktu Fedora 16.
Selanjutnya kita akan membuat user yang nantinya akan digunakan sebagai login untuk keperluan sehari-hari tanpa perubahan pada konfigurasi sistem. Kita juga dapat memasukkan user ini ke dalam grup administrator yang membuatnya setara dengan root dengan akses sudo. Klik Forward untuk melanjutkan.
Pengiriman hardware profile ke Fedora bersifat opsional, jika ingin membantu pengembang Fedora untuk mengetahui perangkat keras yang dapat menjalankan Fedora dengan baik, kita dapat memilih untuk mengirimkan hardware profile. Klik Forward untuk melanjutkan.
Sekarang Fedora 16 siap digunakan dan dioprek lebih lanjut. Silakan login dengan user yang dibuat pada tahapan konfigurasi sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar