Kamis, 31 Januari 2013

Sejarah Mouse Komputer

Sejarah Mouse Komputer

Diposkan oleh chimplunk on Rabu, 30 November 2011
Sejarah Mouse Komputer – Bukan hal yang asing lagi tentang mouse bagi para pengguna computer. Ketika pertama kali saya belajar computer dan menanyakan nama mouse (waktu itu lom tahu) jawabannya adalah namanya tikus, Hhhhmmmm ane kaget and ga percaya dan setelah selidik demi selidik, akhirnya tahu juga. Dan menurut sejarah mengapa dikatakan mouse, karena kabel yang berada pada mouse tersebut mirip seperti ekor tikus, sedangkan pengertian Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Dari pengalaman pribadi tersebut diatas (ketipu namanya tikus) maka awalmula.com berbagi sejarah awal mula mouse, mengapa dinamakan mouse (udah ada jawabannya tadi ya?  ) dan bagai mana mouse itu bekerja. Berikut adalah sejarah awal mula mouse Komputer.
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan Mouse satu tombol.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan Mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya Mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar