Kamis, 31 Januari 2013

PORT VGA

PORT VGA

Pengertian VGA

VGA (Video Graphics A) adalah perangkat Output yang berfungsi untuk mengubah bahasa mesin menjadi tampilan baik grafis maupun text mode di layar monitor. Artinya VGA menghubungkan sistem komputer dengan monitor.
Memory pada VGA. VGA dapat bekerja karena memiliki memory internal ataupun dedicated khusus untuk tampilan. Ukuran memory VGA hampir sama dengan main memory. Tetap dalam satuan byte. Kebanyakan VGA masa kini telah memiliki kapasitas dan clock yang tinggi.
Integrated VGA. Salah satu tipe VGA adalah VGA yang telah terintegrasi di dalam mainboard. Ini biasa disebut dengan VGA on board. Biasanya VGA onboard menggunakan memory utama / RAM untuk menjalankan fungsinya sebagai Graphic Adapter. Namun beberapa tipe mainboard telah menyediakan memory khusus yang terintegrasi pula di sebuah bagian pada mainboard, sehingga sistem tidak perlu membagi kapasitas memory utama untuk dipakai oleh VGA.
AGP. AGP merupakan interface VGA beberapa waktu yang lalu namun sampai sekarang masih sering digunakan pada beberapa tipe mainboard karena masih banyaknya pemakai VGA tipe AGP yang masih sayang untuk beralih ke PCI Express. Kecepatan port AGP pun beragam dari 1x, 2x, 4x, dan 8x.
PCI Express. PCI Express merupakan interface VGA masa kini. Dengan design yang berbeda, PCI Express menawarkan kecepatan VGA yang relativ jauh lebih cepat dibandingkan VGA dengan interface AGP. Kemampuan PCI Express mencapai 16x.

http://www.ust.hk/itsc/classroom/notebook/photo/notebook_vga_port.jpg

Fungsi utama dari sebuah VGA adalah untuk menampilkan gambar dari komputer pada layar monitor Anda (monitor LCD, monitor CRT, proyektor, dll). Jadi perananan VGA sangat penting dalam komputer. Bayangkan jika Anda memakai komputer tapi tidak ada yang ditampilkan oleh komputer tersebut, tentu komputer tersebut tidak dapat Anda manfaatkan

kesimpulan:
vga termasuk output port

Tidak ada komentar:

Posting Komentar