Kamis, 31 Januari 2013

Port Parallel

Port Parallel

Port parallel ialah port data dikomputer untuk mentransmisi atau menerima 8 bit data dalam sekali detak. Standar port parallel yang baru ialah IEEE 1284 yang dikeluarkan pada tahun 1994. Standar ini mendefinisikan 5 mode operasi sebagai berikut:
Mode Kompatibilitas
Mode Nibble
Mode Byte
Mode EPP (enhanced parallel port)
Mode ECP (extended capability port)
Tujuan standar yang baru tersebut ialah untuk mendesain driver dan peralatan baru
yang kompatibel dengan peralatan lainnya serta standar parallel port sebelumnya SPP yang diluncurkan tahun 1981. Mode kompatibilitas, nibble, dan byte digunakan sebagai standar perangkat keras yang tersedia di port parallel original dimana EPP & ECP membutuhkan tambahan hardware untuk dapat berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi. Mode kompatibilitas atau mode centronics hanya dapat mengirimkan data pada arah maju pada kecepatan 50 Kbytes per detik hingga 150 Kbytes per detik.


DB25 ialah konektor yang umum digunakan di komputer sebagai port parallel, sedangkan konektor centronics umum ditemukan di printer. IEEE 1284 ialah standar yang menentukan 3 konektor berbeda yang dapat digunakan dengan port parallel, yaitu 1284 tipe A ialah konektor DB25 yang dapat ditemukan di hampir semua komputer, 1284 tipe B ialah konektor centronics 36 pin yang umum ditemukan diprinter, IEEE 1284 type C ialah konektor 36 pin seperti centronics, tetapi ukurannya lebih kecil dan lebih memuaskan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar