Rabu, 30 Januari 2013

Fungsi Proxy Server

Fungsi Proxy Server


Proxy Server adalah suatu server yang berada diantara suatu aplikasi client, seperti Web Browser, dan server yang dituju. Proxy Server menangkap semua request terhadap server yang dituju untuk melihat jika request yang diminta dapat dipenuhi oleh Proxy Server sendiri. Jika tidak, Proxy Server akan meneruskan request ke server yang dituju. Proxy Server yang besar dapat melayani ratusan hingga ribuan user.

Proxy Server memiliki tujuan untuk meningkatkan performance dari suatu kelompok user, karena Proxy Server menyimpan semua request untuk suatu waktu tertentu (caching) sehingga akan langsung menyediakan data yang sering diminta, seperti halaman web populer, dan dapat menyaring dan menolak request yang tidak sesuai untuk user, seperti request terhadap akses yang tidak diperbolehkan terhadap file tertentu.
Biasanya Proxy Server mengharuskan user melakukan authentikasi (umumnya user ID dan password), sebelum memperbolehkan akses terhadap server yang dituju. Proxy Server juga dapat membatasi port mana yang request-nya diteruskan oleh Proxy Server. Sehingga dapat disimpulkan, tugas Proxy Server mencakup fungsi keamanan, kontrol terhadap akses, dan caching dokumen. Suatu Proxy Server memisahkan LAN dari Internet dan mengatur lalu lintas diantaranya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar